TzV5laRyzIFExM7bghzH2YzXZgfj4xc8paleSd48
Bookmark

Kolaborasi jaga bumi, Pelajar NU pamarican bersama MTs N 7 Ciamis dalam rangka aksi tanam pohon serentak se Jawa barat.

Pamarican, PAC IPNU IPPNU PAMARICAN.

Pelajar Nahdlatul Ulama (NU) kecamatan Pamarican, ikut serta dalam kegiatan " Aksi tanam pohon serentak di 500 titik, di madrasah, sekolah  dan pondok pesantren se - Jawa barat yang dilaksanakan pada hari selasa, (09/08/2023) Pukul 09:30 WIB 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan turunan dari PW IPPNU Jawa Barat yang bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Jawa Barat, Dinas Lingkungan Hidup, Perhutani, LP Ma'arif NU, LPBI NU, dan PERGUNU.

Melalui Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) kabupaten Ciamis,  sebanyak 484 bibit pohon yang sampai di gedung majlis Ciamis pada Sabtu sore itu langsung di alokasikan untuk di distribusikan ke madrasah madrasah se wilayah kabupaten ciamis pada ahad sampai seninnya (07/05/2023 - 08/05/2023).

Pendistribusian ini dilakukan dengan cara melihat data data madrasah se-kabupaten Ciamis, lalu tindak lanjut kegiatan dengan menghubungi para pihak terkait untuk pengambilan bibit yang bertempat di gedung majlis Ciamis. Itu semua langsung ditangani oleh ketua PC IPPNU kabupaten Ciamis, Nurtsani Aprilia dengan ditemani satu orang rekannya. 

Kebetulan pada hari ahad (07/05/2023), pengambilan bibit untuk MTs N 7 Ciamis, diwakilakan oleh 2 orang rekan IPNU dari Pimpinan komisariat (PK) Ihya ulumiddin Pamarican.



Berkenaan dengan hal tersebut, rekanita Alis selaku ketua IPPNU kecamatan Pamarican langsung berkoordinasi dengan pihak lembaga MTs N 7 Ciamis sebagai tindak lanjut rencana kegiatan penanaman pohon yang akan di laksanakan secara serentak pada selasa (09/05/2023) itu, yang ternyata disepakati untuk dilakukan di lingkungan sekitar pondok pesantren.

Setelah sebelumnya sempat sowan ke ndalem pengasuh pondok pesantren ihya, dan mendapat restu serta izin untuk melakukan kegiatan tersebut, rekanita Alis tidak segan segan untuk mensurvai lokasi yang sudah di arahkan abah yai sebelumnya. Memastikan lokasi aman dan strategis untuk dilakukannya kegiatan.

" Sengaja saya memilih penanaman bibit pohon ini disini, agar suatu saat jika pohon ini tumbuh besar bisa menjaga kestabilan struktural tanah di sekitar bangunan RA CENDIKIA dan menguatkannya agar tidak longsor ke sungai " ungkap Alis menegaskan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar bersama para siswa/siswi perwakilan dari pengurus Osis MTs N 7 Ciamis, semua antusias untuk mencoba menanam langsung satu persatu bibit tanaman tersebut sampai habis, dan dengan di bantu oleh salah satu akang santri yang sudah biasa memegang bidang pertanian dan perikanan di pondok pesantren ihya ulumiddin.

"Penanaman ini penting dilakukan, untuk menjaga penghijauan di lingkungan tempat kita tinggal"  ujar Zian nurfafuadi, ketua osis MTs N 7 Ciamis . 

Mengutip dari post akun Kominfo IPPNU Jabar, bahwasannya, Kegiatan ini adalah bentuk respon pelajar mengenai perubahan iklim yang  terjadi akibat kurangnya ruang terbuka hijau, sebagai bagian dari Agen of Change kita gerakan Kiat ini menjadi komitmen kita bersama dalam menjaga dan  melestarikan lingkungan yang lebih baik. 

Student Invest  For A Better Earth  Adalah tema kegiatan yang sangat menggugah semangat dan membangun kesadaran para pelajar se Jawa barat bahkan mungkin satu Nusantara.

" Tetap jaga lingkungan, dan jangan merusaknya " pungkas Zian di akhir kegiatan, sebagai pesan untuk para pelajar di luar sana.

Akhir kata penanggung jawab kegiatan  Pelajar NU Pamarican mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak pihak terkait, khususnya Kepada keluarga besar MTs N 7 Ciamis dan keluarga besar pondok pesantren Ihya Ulumiddin, Semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua. Amin...

Posting Komentar

Posting Komentar