TzV5laRyzIFExM7bghzH2YzXZgfj4xc8paleSd48
Bookmark

MWC NU pamarican gelar acara bedah buku dalam rangka peringatan malam Nuzulul Qur'an 1444 H

Pamarican, PAC IPNU IPPNU Pamarican

Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Pamarican. dalam rangka memperingati malam Nuzulul Qur'an, menggelar acara yang memberi kesan berbeda dan lebih istimewa. Tepatnya di saung santri kampung desa sidaharja.  lounching dan bedah buku " Tema tema pokok ilmu ma'ani al qur'an " yang di mulai setelah selesai khatmil qur'an di masing masing desa se kecamatan pamarican. Jum'at, (07/04/2023) pukul 21.00 WIB.

Rangkaian acara dalam kegiatan tersebut, diantaranya : pembukaan, pembacaan tawasul, menyanyikan lagu mars subbanul wathan dan shalawat, sambutan ketua panitia penyelenggara, dilanjutkan dengan penyerahan infak dari penyelenggara pemilu tahun 2024 untuk pembangunan, penyempurnaan gedung NU Center, MWC NU Kecamatan Pamarican, Acara inti dan terakhir doa sebagai penutup. 

 " Semoga kegiatan ini bisa memberi pencerahan Untuk semua, termasuk yang hadir. Terlebih memotivasi untuk lebih giat senantiasa membaca Al Qur'an " tutur kiyai Aris Muhamad Haris dalam sambutannya selaku ketua pelaksana dan pengasuh saung santri kampung. 

Kegiatan ini berjalan lancar dan ramai, dihadiri oleh para kiyai, Tokoh - tokoh NU dan Banom - banom NU se kecamatan Pamarican, termasuk Ansor/Banser, Fatayat, IPNU IPPNU dan tokoh masyarakat setempat juga keterwakilan dari penyelengrara pemilu. 

Dalam kesempatan selanjutnya DR. Ali Mahfudz, M.Si atau akrab di panggil Mas/Gus Ali (oleh para santrinya dan masyarakat umumnya) sebagai penulis juga pembicara dalam acara tersebut mengungkapkan " Sebenarnya tidak pernah terbesit dalam pikiran dan benak saya untuk mengadakan lounching dan bedah buku ini, karna ini hanyalah karya biasa dan masih sangat sederhana, Namun adanya usulan dan berbagai dorongan para tokoh NU pamarican khususnya dalam rangka peringatan malam Nuzulul Quran ini maka dengan kesiapan panitia saya setujui ".  Kurang lebih ujar beliau dalam pembuka materinya.


Banyak Alasan yang menjadi latar belakang dibuatnya buku ini, salah satunya yang di ungkapkan penulis adalah karna apa yang kita baca dan pelajari bisa saja lupa, maka dengan di tulis bisa menjadi pengingatnya.

" Saya teringat dawuh kiyai sahal mahfudz  (Rais am PBNU), Tidak ada karya yang jelek, yang jelek itu yang ga punya karya " tambah gus Ali.

Itu yang menjadi motivasi beliau, juga dengan tujuan dan niat belajar serta ingin apa yang di baca bisa terabadikan karna usia buku itu melebihi usia penulisnya. 

"Kun katiban wala takun maktuban "

Ada 4 Buku yang sudah beliau tulis dan beberapa diantaranya sudah menjadi bahan ajar untuk madrasah di pondok pesantren, khususnya di pondok pesantren Ihya ulumiddin pamarican Yang kebetulan  beliau adalah ketua yayasan Madrasah ihyaul ulum dan termasuk keluarga besar pengasuh pondok.

Buku buku tersebut, yang pertama kitab tentang Nahwu yaitu murodan , kedua irab al muyassar, ketiga kajian tentang bagaimana Nabi Muhammad SAW berkomunikasi di dalam al quran ,dan yang ke empat ini adalah Tema - tema pokok ilmu ma'ani al qur'an yang akan di bedah selanjutnya. 

Sebelumnya Gus Ali juga menyampaikan bahwa Al Quran adalah mukzijat yang sangat bisa melemahkan lawannya. 

" kemukzijatan al quran itu ada 3 yang pertama dari segi bahasa, yang kedua dari segi ilmiah, dan ketiga yang kaitannya dengan berita berita ghaib " sambung beliau. Dari ketiga kemukzijatan ini yang paling pertama kali dikenalkan pada orang orang arab 15 tahun silam yaitu kemukzijatan dari segi bahasa.

Nah buku ini hadir untuk mencoba mengungkap, memotret dan mengkaji isi isi bahasa Al Quran. Yang diantaranya menjelaskan tentang ghorib Al Qur'an, Muskil Al qur'an, Mutasabih lafdzi , Irabul quran , dan lain sebagainya.

Di akhir Materi, banyak momen yang membuat tertariknya mustami untuk bertanya , hingga kegiatan tersebut tak kenal lelah ditutup pada pukul 01.00 dengan penanda tanganan buku lngsung oleh penulis . Bagi mereka yang membeli buku secara langsung bukan hanya mendapatkan seminar bedah buku dan tanda tangan penulis namun juga berkesempatan besar infak pembangunan Gedung NU center MWC NU pamarican yang saat ini masih tahap pembangunan.

Semoga Allah membalasnya dengan yang lebih terbaik Amiin ya allah ya rabbal alamin.

Posting Komentar

Posting Komentar