TzV5laRyzIFExM7bghzH2YzXZgfj4xc8paleSd48
Bookmark

Pelajar NU gemar membaca, Review novel Hati Suhita

Cinta itu seakan akan tidak ada habisnya untuk dibicarakan , bahkan intansi dari kesempurnaan iman adalah cinta.

Suaraku untuk hati suhita

Kisah dua insan yang menikah bukan karna cinta, melainkan karna di jodohkan oleh orang tua mungkin sudah sering kita temui. Apakah terbayang oleh kita bagaimana harus tinggal satu atap dengan orang yang belum kita kenal sebelumnya serta menjadi istri yang dituntut taat pada dia yang digelari seorang suami, itu merupakan tantangan yang tak mudah untuk dijalani apalagi dalam balutan judul bahtera rumah tangga.

Lalu bagaimana harus menjalaninya ??? Novel hati suhita karya khilma anis mungkin dapat menjawabnya.

.....

Khilma Anis Wahidah, Perempuan kelahiran 1986 ini tumbuh di keluarga santri daerah jawa timur, merupakan jebolan Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Yogyakarta prodi komunikasi penyiaran islam . Ning cantik pendobrak literasi pesantren ini menulis sebuah novel yang berjudul Hati Suhita yang menjadi Karya best seller dengan penjualan lebih dari 80.000 eksempler di akhir tahun 2022. Novel ini terbit di tahun 2019 oleh penerbit indie yang bernama Telaga Aksara bekerjasama dengan Mazaya Media.

Novel dengan ketebalan 405 halaman berukuran 14×20,5 cm dengan soft cover ber ISBN 798-602-51017-4-8 ini di bandrol dengan harga yang bervariasi bahkan pada promo ramadhan 1444 H kemarin, kamu bisa mendapatkan 300 novel hati suhita berbonus gelang dengan harga 99k per buku. 




Serta Kabar gembiranya lagi, bagi kamu yang minim minat baca, novel ini akan di film kan oleh Starvision dan bahkan sudah rilis serta akan ditayangkan pada 25 mei di bioskop. 

Novel fiksi yang bergendre romansa religi ini terbilang unik karna memadukan nuansa pesantren dengan kisah pewayangan yang disajikan di setiap plot yang berkaitan dengan konflik yang tengah berjalan. dengan berlatar sejarah islam di tanah jawa, serta menyelami kearifan lokal jawa dengan berbagai filosofinya.

Menariknya konflik cinta segitiga dalam novel ini menjadi istimewa karna disajikan dengan 3 sudut pandang. Alina Suhita, sebagai tokoh utama yang berparas cantik, berkepribadian ramah dan pintar serta tentunya istri yang sempurna dimata semua orang. namun ternyata, baginya ia adalah perempuan yang kesepian dan sedang berjuang untuk bahagia setelah menyelami dunia pernikahannya. Abu Raihan Albirruni  sosok yang tampan, entrepreneur sukses dan aktivis pergerakan namun tak menghilangkan fakta bahwasannya dialah anak tunggal dari seorang kiyai pondok besar yang sudah di jodohkan dengan alina yang merupakan santri kesayangan orangtuanya. Dan Ratna Rengganis perempuan cantik , pintar nan mandiri yang memiliki segudang prestasi apalagi di bidang jurnalistiknya, dialah orang yang mengunci hati dan pikiran gus birru untuk istrinya alina.

" Aku ini mantan ketua pergerakan  mahasiswa, berkoar koar melawan penindasan tentang kebebasan memilih, tapi aku tidak bisa memilih istriku sendiri. " Kutipan renungan gus birru.

Akan bagaimanakah kisah mereka bertiga ditengah tengah perjodohan Alina dan gus Biru yang tidak bisa dihindari. Bagaimanakah kehidupan pernikahan yang mereka jalani dibalik itu semua, dan hadirnya kang dharma sebagai sosok abdi ndalem pondok yang dikagumi Alina karna ilmu dan keta'dzimannya yang seolah olah memberi keteduhan bagi hati Alina yang gersang di tengah pernikahannya.

" kamu itu bicara seakan akan keinginanmu itu tidak akan pernah terwujud lin, jika gus birru tidak bisa mengantarmu kesana aku akan dengan senang hati menggantikannya". Kang dharma .

Novel hati suhita sangat layak untuk dibaca jika kamu ingin mengenal dunia pesantren dan mitologi pewayangan dengan cara pandang yang berbeda. Disamping keunggulannya ,tentu novel ini memiliki keterbatasannya pula, selain menjadi kelebihan yang unik penggunaan bahasa jawa yang cukup banyak akan membuat pembaca yang asing dengan istilah istilah jawa mungkin bingung jika tidak membuka glosarium. Peran serta dalam novel ini juga dominan protagonis, alur yang sederhana namun memikat dan penuh emosi, menutup semua keterbatasan ini membuat pembaca tetap merasa larut dalam kisahnya dengan penggamabaran yang nyata. 

Aku rekomendasikan novel ini untuk kamu baca, agar kamu bisa menyelami makna ketulusan cinta dalam ketaatan dan pengabdian seorang wanita, ini sangat luar biasa dan penuh dengan makna. 

1 komentar

1 komentar

  • Alis sulistia
    Alis sulistia
    14 Mei 2023 pukul 23.10
    Ning khilma Anis dulunya kuliah di UIN Sunan Kalijaga yogyakarta yah,,🙏🏻 teman teman.
    Reply