TzV5laRyzIFExM7bghzH2YzXZgfj4xc8paleSd48
Bookmark

Deklarasi Poros Pelajar Kabupaten Ciamis

Bahaya, publik harus tau! Sinergitas Pelajar Zilenial " Poros pelajar kabupaten Ciamis : Ciamis Harmonis "

Pada hari Ahad, (07/01/2024) di Aula utama gedung DPRD kab.Ciamis telah di gelar acara Deklarasi Poros Pelajar kab.Ciamis dengan mengusung tema "Harmonisasi Pelajar Untuk Ciamis Berkemajuan" yang di ikuti dan di prakarsai oleh 6 organisasi pelajar se kab.Ciamis, yakni Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (PC IPPNU) Kab. Ciamis, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) kab.Ciamis, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Islam (PD PII) kab.Ciamis, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhamadiyah (PD IPM) kab.Ciamis, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Persis (PD IPP) Ciamis-Banjar, Pimpinan Daerah Ikatan pelajar persis putri (PD IPPI) Ciamis-Banjar.

Adapun rangkaian acara dalam kegiatan tersebut diantaranya : Pembukaan, Pembacaan ayat suci Al quran dan shalawat, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Ciamis manis, Prakata dan laporan ketua/panitia penyelenggara, Acara inti Penyampaian Deklarasi Poros pelajar kab. Ciamis, Sambutan-sambutan dan di akhiri doa sebagai penutup, yang selanjutnya dilangsungkan dengan kegiatan diskusi problematika pelajar kab. Ciamis.

"Harapan kedepan, semoga dengan adanya kegiatan poros pelajar ini, bisa menjadikan momentum persatuan bagi para pelajar se kab.Ciamis, khususnya bagi organisasi terkait yang hadir. Saya pribadi merasa senang bisa ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat kita katakan ini adalah kegiatan menyatukan persepsi dan aliansi pelajar se kab.Ciamis. Semoga di lain kesempatan nanti, kita bisa berkolaborasi dan bekerjasama agar benar-benar terjalin komunikasi yang baik serta terciptanya pelajar yang harmonis dalam cita cita yang sama yakni menjadikan ciamis yang berkemajuan." Tutur Alfian Nasop Ramdan seorang kader PII yang menjadi ketua pelaksana kegiatan.


Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat, di buka dengan resmi oleh perwakilan dari dinas pendidikan kabupaten ciamis yang di hadiri para tamu undangan diantaranya, ketua KNPI, Kodim 0613, dan perwakilan pengurus ormas islam kab.Ciamis serta menambah kelengkapan acara adanya peserta/anggota dari masing-masing organisasi pelajar yang ikut hadir dan berpartisifasi dalam kegiatan tersebut.

Tujuan diadakannya poros pelajar ini adalah sebagai salah satu media kegiatan, yang bisa dijadikan wadah pelajar dalam menyamakan persepsi dan kolaborasi. Karena seperti yang kita ketahui organisasi pelajar yang ada di kabupaten ciamis itu bukan hanya satu akan tetapi banyak ragamnya.

"Yang paling penting adalah, supaya terciptanya rasa toleransi antar organisasi pelajar khususnya yang ada di kab. Ciamis, menghilangkan kesan orang lain dalam berpandangan bahwasannya kita itu memiliki kefanatikan terhadap organisasi masing masing. Maka, kita bantah itu semua dengan adanya kegiatan poros pelajar ini" ucap Nurtsani Aprilia ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (PC IPPNU) kab. Ciamis.

Untuk itu, kami organisasi pelajar kab. Cismis mengajak dan mewajibkan setiap pelajar di kab. Ciamis khususnya, untuk senantia mendukung dan ikut serta dalam gerakan kami, mewujudkan tujuan deklarasi poros pelajar kab.Ciamis tahun 2024 ini. Besar harapan kami untuk menjadikan Ciamis yang berkemajuan dalam harmonisasi pelajar ini. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWt. Aamiin..

5 komentar

5 komentar

  • Alis sulistia
    Alis sulistia
    19 Februari 2024 pukul 16.04
    Muhammad Gustyar F. ketua Umum Pelajar Islam Indonesia (PII) kab.Ciamis turut andil menambahkan, bahwasannya Poros pelajar kabupaten Ciamis ini mengangkat 6 point dalam deklarasinya. Sama hal nya dengan rukun iman, ke 6 point tersebut harus di tanam kan ke dalam seluruh pelajar Ciamis, khususnya bagi anggota poros pelajar ini dan di manifestasikan dengan amalan atau pembenaran dengan penuh keyakinanan.

    Pada point pertama, Poros pelajar berusaha membangun kesadaran yang kritis, mempersatukan dan menjaga keselarasan, sebab barisan yang teratur, sinergitas, massif dan sistematis itu menjadi salah satu peluang terorganisirnya sesuatu yang akan memudahkan pencapaian jika dilakukan bersama sama, sehingga akan membuat pelajar ini peka dan protektif terhadap ancaman yang akan datang.
    Pada point kedua, komitmen poros pelajar terhadap negara adalah komitmen penegakan atau transformasi nilai-nilai ilahiyah berupa penciptaan, pemerataan kesejahteraan dan kemakmuran. Komitmen poros pelajar terhadap negara bukan di berikan kepada pemerintah (penguasa), melainkan kepada eksistensi negara itu sendiri.
    Pada poin ketiga sampai keenam, hadirnya poros pelajar berkomitmen merawat para pelajar yang ada di kabupaten Ciamis agar terwujudnya pelajar yang Harmonis dan berkemajuan. Pelajar harus bisa menjadi agen of control bagi dirinya, keluarga, dan masyarakat. Langkah yang akan di lakukan dengan proses sosialisasi, transformasi, dan ideologisasi. Di dalam proses tersebut berlangsung upaya penanaman dan pembentukan sikap dan kepribadian berdasarkan ajaran agama yang di anut, transfer ilmu, pembekalan kemampuan dan keterampilan pada pelajar dengan harapan terwujud nya misi poros pelajar Kabupaten Ciamis.
    Reply
  • Alis sulistia
    Alis sulistia
    19 Februari 2024 pukul 16.02
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  • Alis sulistia
    Alis sulistia
    19 Februari 2024 pukul 15.49
    Menurut Agis Wildan Solehudin, selaku ketua Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Persis (PD IPP) Ciamis - Banjar menyampaikan, alasan alasan di balik pengangkatan point-point yang tercantum dalam deklarasi tersebut.

    Pada point pertama, yang berangkat dari perbedaan urusan furuiyah dengan background yang berbeda. Kami ingin tetap tercipta rasa persaudaraan, baik itu secara agama maupun bernegara.
    Pada point kedua, yang menjadi bentuk konkrit kewajiban seorang pelajar sebagai generasi penerus perjuangan untuk bisa menjaga keutuhan bangsa. Dimana kami para ketua organisasi pelajar sepakat, untuk ikut aktif dan berperan dalam ranahnya masing-masing serta berkolaborasi dalam hal menjaga keutuhan NKRI.
    Pada poin ketiga sampai keenam, yang merujuk pada kekhawatiran kami sebagai ketua organisasi pelajar, ketika melihat serta merasakan mirisnya moralitas dan maraknya kriminalitas di sekitaran pelajar yang bisa saja pelajar itu menjadi tokoh atau sasaran negatif hal ironi yang demikian itu.

    " Kami ingin konsisten berkolaborasi, berda'wah, dan mengingatkan kepada generasi pelajar untuk senantiasa menjauhi hal hal yang dapat merusak dirinya sendiri, juga tatanan di masyarakat, kami dengan sengaja membebankan amanah dawah pada pundak kami untuk ikut serta mengantarkan Ciamis dan indonesia menuju golden age nya di tahun 2045 nanti. Harapannya dengan adanya poros pelajar ini sayap sayap da'wah kami/organisasi pelajar bisa meluas, menjangkau aspek aspek yang tidak bisa digapai secara personal suatu organisasi "
    Reply
  • Alis sulistia
    Alis sulistia
    19 Februari 2024 pukul 15.48
    Sama halnya dengan pendapat-pendapat sebelumnya, Asep Roni Muhayar, selaku Ketua Umum Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kab. Ciamis, turut berpendapat. Dengan terbentuknya deklarasi poros pelajar kab.Ciamis, para pelajar mempunyai wadah untuk saling berkomunikasi ataupun diskusi dan berkolaborasi dalam membangun pelajar Ciamis untuk berkemajuan. Besar harapan dengan terbentuknya poros pelajar kabupaten ciamis bisa terwujud pelajar ciamis yang terampil,berilmu,dan berakhlak mulia. Yang senatiasa menjaga harmonisasi dan toleransi pada berbagai kondisi. Sehingga teciptanya pelajar yang selalu merajut ukhuwah dan menggembirakan dalam berdakwah.
    " Saya yakin dengan perbedaan yang di iringi harmonisasi , akan terciptanya para pelajar unggul yang berkemajuan dengan media berorganisasi pelajar harmonis sebagai manifestasi masyarakat ilmu " .
    Reply
  • Alis sulistia
    Alis sulistia
    19 Februari 2024 pukul 15.48
    Selain menjaga harmonisasi pelajar di kab. Ciamis , Muhammad khotami selaku ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) kab. Ciamis menambahkan, " Harapan setelah di gelarnya acara deklarasi poros pelajar kab.Ciamis ini, antar organisasi pelajar ada komunikasi dan kerjasama dalam hal penanggulangan kenakalan remaja dalam mempersiapkan generasi Ciamis yang lebih baik " terangnya menegaskan.
    Reply